Selasa, 11 Januari 2011

Lesson Plan (Invitation)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMK NEGERI 7 Bandung
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/2

Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level Novice

Kompetensi Dasar
Memahami memo, kartu undangan dan menu sederhana jadwal kendaraan umum dan rambu-rambu lalulintas

Indikator :
1. Menunjukkan kata kunci yang terdapat dalam teks.
2. Melengkapi kalimat dengan informasi tertentu yang terdapat dalam teks lisan.
3. Memberikan jawaban atas pertanyaan dengan informasi factual.
4. Memberi contoh kalimat untuk mengundang, memenuhi atau menolak undangan..
5. Melengkapi percakapan dengan ungkapan mengundang, memenuhi atau menolak undangan.
6. Mendemonstrasikan percakapan mengundang, memenuhi atau menolak undangan.
7. Menggunakan modal auxiliary dengan tepat dalam konteks yang berterima.

Jenis Teks : transaksional dan interpersonal teks
Topik : invitation
Aspek/Skill : 4 language skills
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Diberikan sample percakapan mengundang, memenuhi atau menolak undangan, siswa dapat:
Listening
Memperoleh informasi tertentu dari teks lisan yang berkaitan dengan mengundang
Speaking
Menggunakan ekspresi mengundang.
Reading
Menjawab pertanyaan dari teks yang diberikan.
Writing
Menulis dialog dengan menggunakan ekspresi mengundang.

2. Materi Pembelajaran
Ungkapan untuk mengundang dan respon untuk memenuhi atau menolak undangan seperti

- I’d like you to come to …
- Would you mind coming to …?
- Can/could/will you come to ...?
- I’d love to come. Thanks.
- I’d like to, but, …
- I’m sorry, I’m afraid I can’t.

3. Metode/Teknik
Teknik Tiga Tahap (Three-phase-technique)

4. Langkah-langkah Pembelajaran:

KEGIATAN AWAL (Perkiraan waktu 30-40 menit)
a. Guru mengecek kehadiran siswa.
b. Review dan membahas PR.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
d. Guru memberikan apersepsi dengan bertanya seperti
- What we must do if we want people come to our party?
- What will you say?

KEGIATAN INTI (perkiraan waktu 80 menit)
a. Guru meminta dua orang siswa untuk memperagakan dialog yang sudah disiapkan.
b. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa lain seperti:
 How many persons are in the dialogue?
 What does A do?
 Where does the dialogue take place?
 Where will B go?
 What did A say to ask …
c. Guru meminta dua orang siswa lain untuk memperagakan dialogue yang lainnya.
d. Guru kemudian memberikan pertanyaan serupa.
e. Guru memberikan “penekanan” pada ungkapan-ungkapan yang menunjukkan mengundang, respon memenuhi maupun menolak undangan.
f. Guru menambahkan beberapa ungkapan yang menunjukkan mengundang, respon memenuhi maupun menolak undangan.
g. Siswa diminta untuk melafalkannya berulang.
h. Guru memberikan games yang berjudul “socializing”
i. Guru meminta semua siswa untuk mendiskusikan rencana mereka dengan teman disebelahnya.
j. Guru meminta beberapa orang siswa untuk menyampaikan rencananya ke depan kelas.
k. Guru memberikan tanggapan, komentar dan penguatan pada apa yang sudah dilkukan siswa.
l. Guru memnta siswa untuk mempelajari activity 2 no 3 dan 4 hal 180-181.
m. Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan berdasarkan dialog tersebut.
n. Guru meminta siswa untuk mengerjakan activity 3 hal 181.

KEGIATAN AKHIR (perkiraan waktu 15-20 menit)
a. Guru menyimpulkan kembali isi pembelajaran.
b. Guru bertanya jika siswa belum paham atau ada kesulitan mengenai tugas yang telah mereka kerjakan.
c. Guru memberi PR, siswa diminta untuk membuat dialogue secara berpasangan.
.


5. Sumber Belajar
a. Buku Sumber:
- Pramesti, Regina D. dkk. (2008). English for SMK 1. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
- Jon Blundell.1988. Function in English. Hongkong: Oxford University Press.
- Hadfield, Jill. 1995. Elementary Communication Games. Nelson

b. Media
Kartu.

6. Penilaian
a. Teknik: Tes tulis dan oral
b. Bentuk: completion, discussion and role-play



7. Pengesahan
Bandung, April 2010
Mengetahui
Dosen Luar Biasa Praktikan



Erwin Budiman S.S. Asip Laela Sarip
_______________ __________________ NIP. NIM. 0601944















Tidak ada komentar:

Posting Komentar